Webinar Vokal “Teknik Menyanyi Indah” oleh Linda Sitinjak, S.Sn. M.Sn.

Sewon, Yogyakarta – Kamis, 12 November 2020 Prodi Seni Musik FSP ISI yogyakarta sukses menggelar acara Webinar Vokal “Teknik Menyanyi Indah” dengan narasumber Linda Sitinjak S.Sn. M.Sn. Selain menggunakan aplikasi Zoom Cloud Meeting, kegiatan ini juga terlink ke akun Youtube Prodi Musik. Hal itu disebabkan karena antusias peserta yang membludak hingga tidak tertampung lagi dalam kuota yang disediakan panitia.

Perlu diketahui bahwa narasumber merupakan salah satu Dosen Vokal Prodi Musik FSP ISI Yogyakarta, sampai saat juga aktif sebagai Juri perlombaan menyanyi dan paduan suara serta pembicara diberbagai seminar, webinar, workshop Vokal dan Paduan Suara baik Tingkat Lokal maupun Nasional. Beberapa prestasi yang pernah diraihnya yaitu Juara Bintang Radio Jenis Seriosa Tahun 1992 dan 1996 Tingkat DIY dan Nasional, bahkan Ia tercatat sebagai salah satu Soprano Indonesia dalam Buku Ensiklopedi Musik Indonesia.

Acara yang berlangsung dari pukul 16.00 hingga 18.00 WIB dibuka oleh Kustap S.Sn. M.Sn selaku Kaprodi Musik dan penanggungjawab kegiatan ini dan dipandu oleh A. Gathut Bintarto S.Sn. M.Sn selaku moderator webinar yang juga seorang Dosen Vokal Prodi Musik.

Pemilihan topik webinar kali ini dirasa Linda sudah tepat. “Banyak orang dapat menyanyi tapi belum tentu semua menyanyi dengan indah, dan banyak juga yang menyanyi tidak dengan hati, biasanya untuk ambisi prestasi/lomba dan hal itu terkadang dipaksakan, kasihan sekali.” Begitu alasan yang ditekankan sebelum Ia memaparkan materinya.

Di awal materi ada lima poin penting yang disampaikannya yaitu intonasi, pernapasan, penempatan suara, artikulasi, dan interpretasi. Ke lima hal tersebut merupakan unsur-unsur dalam menyanyi indah. “Bagaimana supaya intonasi bagus? Pernapasan panjang? Artikulasi jelas dan benar sesuai lagu yang dinyanyikan? Gak ada jawab lain selain latihan yang baik, benar dan konsisten. Tidak ada suara yang bagus dan indah itu didapat dari cara instan.” Paparnya.

“Topik ini sangat menarik. Pengetahuan dan pengalaman narasumber mengenai teknik menyanyi indah perlu disampaikan kepada khalayak luas sehingga menjadi pembelajaran penting bagi penyanyi.” Demikian komentar Kaprodi Musik terhadap materi webinar kali ini.

Peserta Webinar Vokal “Teknik Menyanyi Indah” tidak hanya berasal dari Yogyakarta saja tapi juga Medan, Bali, Balikpapan, Pelembang dan negeri tetangga Malaysia.

Kegiatan Webinar Vokal “Teknik Menyanyi Indah” Prodi Seni Musik Fakultas Seni Pertunjukan ISI Yogyakarta selengkapnya bisa dilihat di link di bawah ini

Redaksi : Titis Setyono Adi Nugroho, S.Sn., M.Sn. (Dosen Prodi Seni Musik Fakultas Seni Pertunjukan ISI Yogyakarta)