Webinar Biola “Formulasi Metakognitif Dalam Implementasi Teknik Permainan Violin” oleh Setyawan Jayantoro, S.Sn. M.Sn. dan Danny Ceri, S.Sn., M.M.

Sewon, Yogyakarta – Kegelisahan Setyawan Jayantoro S.Sn. M.Sn. dan rekannya Danny Ceri S.Sn., M.M. terhadap kebiasaan mahasiswa yang lebih memilih metode praksis parsial dalam pengusaan teknik tanpa merasa perlu dibarengi dengan kesadaran literasi yang sifatnya integral adalah alasan mereka melakukan penelitian mengenai Formulasi Metakognitif Dalam Implementasi Teknik Permainan Violin.

 

“Melimpahnya kecanggihan teknologi dan informasi tidak sepenuhnya menjamin mahasiswa membangun kemandirian belajar yang ideal. Jika proses pengajaran hanya memberikan instruksi demonstratif dan evaluasi kontrol saja, maka berpotensi akan semakin memperluas kesenjangan antara capaian motorik dengan aktivitas kognitif dan afektifnya.” Kata Setyawan Jayantoro mengawali Webinar Biola “Formulasi Metakognitif Dalam Implementasi Teknik Permainan Violin”.

Setyawan Jayantoro (kiri) dan Danny Ceri (kanan) sedang memaparkan materi. Dok: Prodi Musik.

Melalui Webinar yang diprakarsai oleh Prodi Musik FSP ISI Yogyakarta, mereka menegaskan bahwa substansi metakognisi sebagai formulasi kesadaran reflektif untuk memahami kompetensi berpikir dan langkah-langkah evaluatif atas suatu proses pembelajaran menjadi urgensi intelektual yang menarik untuk diimplementasikan.

 

“Melalui formulasi metakognitif itulah seseorang yang menjelajahi teknik permainan violin berpotensi kuat dapat mengimplementasikan keterampilan berpikir kritis dan evaluatif yang didasarkan pada integrasi kesadaran literasi serta estetik secara mendalam sehingga terbangun kompetensi musikal yang holistik.” Kata Danny Ceri saat memaparkan materi.

 

“Riset-riset seperti ini sangat penting, ke depan harus dikembangkan, diperbanyak, sehingga proses pembelajaran biola oleh mahasiswa menjadi lebih efektif.” Tanggapan Kaprodi Musik, Kustap S.Sn. M.Sn. dalam wawancara dengan Tim Humas FSP.

Webinar Biola bertajuk “Formulasi Metakognitif Dalam Implementasi Teknik Permainan Violin” diselenggarakan pada Rabu, 11 November 2020 melalui Zoom Cloud Meeting dan terhubung ke akun Youtube Prodi Musik. Acara diikuti oleh ratusan peserta baik lokal kampus maupun di luar kampus.

 

Kegiatan Webinar Biola “Formulasi Metakognitif Dalam Implementasi Teknik Permainan Violin” Prodi Seni Musik Fakultas Seni Pertunjukan ISI Yogyakarta selengkapnya bisa dilihat di link di bawah ini

Redaksi : Titis Setyono Adi Nugroho, S.Sn., M.Sn. (Dosen Prodi Seni Musik Fakultas Seni Pertunjukan ISI Yogyakarta)