Sepatu Menari Spektakuler 5 “Tubuh Tradisi di Era Milenial”

Terlahir di tengah kalangan mahasiswa seni tari yang memiliki ide kreativitas serta potensi yang tinggi dalam bidangnya melahirkan rasa ingin tahu dan keinginan untuk mencoba menggali potensi yang dimiliki oleh mahasiswa. Keinginan untuk lebih memperdalam dan menerapkan ilmu yang didapat ke dalam sebuah pertunjukan yang diproduksi sendiri oleh mahasiswa – mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) juga menjadi salah satu dorongan mengapa diadakannya kegiatan Sepatu Menari ini. Berkaitan dengan Mata Kuliah Kreativitas, Manajemen Seni, dan Manajemen Produksi dirasa mempunyai hubung kait yang dapat saling mendukung dalam sebuah pertunjukan. Untuk itu maka penerapan yang berdasarkan dari ilmu pengetahuan yang didapat dari pembelajaran di bangku kuliah dicoba untuk dipraktekkan.

Agar semangat apresiasi dan pengembangan daya kreativitas tidak terbatas serta dapat meminimalisasi kejenuhan dalam berkarya, maka Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Tari ISI Yogyakarta merasa perlu untuk membentuk wadah dengan kriteria di atas. KKM Sepatu Menari sebagai terobosan yang dapat menjadi jawabannya bagi seluruh mahasiswa yang terhimpun dalam HMJ Tari Fakultas Seni Pertunjukan maupun seniman lainnya yang berkenan untuk berpartisipasi dan menunjukkan eksistensinya tidak hanya dalam ruang lingkup kuliah tetapi juga mampu meningkatkan respon keseniannya terhadap lingkungan luar (environmental). Segenap mahasiswa yang tergabung dalam kepengurusan organisasi HMJ Tari menjadikan KKM Sepatu Menari tidak hanya sebagai ajang eksistensi dalam berkarya saja, tetapi juga sebagai ruang praktek produksi dan manajemen seni pertunjukan.

Sepatu menari diadakan disetiap empat minggu sekali, diadakannya sepatu menari bertujuan sebagai wadah kreativitas mahasiswa jurusan tari dalam berkarya tari. Sepatu menari yang dilaksanakan setiap empat minggu sekali ini dinamakan sepatu menari reguler. Sepatu menari juga dilaksanakan setiap dua tahun sekali sepatu menari ini dinamakan Sepatu Menari Spektakuler. Sepatu menari spektakuler memiliki tujuan yang sama dengan tujuan sepatu menari reguler hanya saja sepatu menari spektakuler merupakan wadah kreativitas mahasiswa jurusan tari Se-Perguruan tinggi seni di Indonesia, sanggar, dan para seniman. Melihat antusias masyarakat terhadap acara Sepatu Menari Spektakuler  yang sangat tinggi membuat mahasiswa jurusan tari yang tergabung dalam Himpunan mahasiswa Jurusan Tari untuk kembali mengadakan acara Sepatu Menari Spektakuler yang keempat. Kami berharap acara Sepatu menari Spektakuler ini dapat kembali terlaksana untuk tahun selanjutnya. Karena melalui Sepatu Menari Spektakuler inilah dapat terjalin hubungan silaturahmi antar seniman tari dan sebagai wadah untuk para seniman tari dalam berkarya.

Tema yang terkonsep pada kegiatan ini adalah “Tubuh Tradisi di Era Milenial”, yang memiliki arti bahwa tubuh tradisi yang sudah ada sejak dulu, dan kemudian diolah dengan kreatifitas sehingga menghasilkan inovasi dari setiap karya yang akan disajikan. Kegiatan yang diselenggarakan bernama “ Sepatu Menari Spektakuler 5”. Jenis kegiatan ini melibatkan Perguruan tinggi seni se-Indonesia, sanggar, komunitas seni yang akan di organisir oleh mahasiswa-mahasiswi jurusan Tari Fakultas Seni pertunjukan Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

Waktu Pelaksanaan

  • Sepatu Menari Spektakuler 5 ”Tubuh Tradisi di Era Milenial” akan dilaksanakan pada tanggal 21 dan 22 Oktober
  • Pembukaan : Senin, 21 Oktober 2019
  • Penutupan : Selasa, 22 Oktober 2019

Pelaksanaan kegiatan  Sepatu Menari Spektakuler 5 Tubuh Tradisi di Era Milenial” akan diselenggarakan dalam waktu 2 hari:

Hari Tanggal : Senin, 21 Oktober 2019

Pukul : 07.00- 11.00 WIB

Acara/tempat pelaksanaan : Karnaval (Gedung Pyramid – Kampus ISI Yogyakarta) dan Pertunjukan Pembukaan Sepatu Menari Spektakuler 5 di depan Gedung Pendidikan Seni Pertunjukan.

Pengisi Acara (dalam konfirmasi) : Seluruh pengisi acara Sepatu Menari Spektakuler dan perwakilan seluruh Himpunan Mahasiswa Jurusan Fakultas Seni Pertunjukan Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

Pukul  : 13.00-17.00 WIB

Acara/Tempat pelaksanaan : Penyajian Kesenian Kerakyatan, di depan Gedung serba guna halaman belakang ATM Mandiri kampus ISI Yogyakarta.

Pengisi Acara (dalam konfirmasi: Perwakilan Komunitas dari Dinas Kebudayaan Bantul, Kabupaten Sleman, Kabupaten Gunung Kidul, dan Reog Yudya Manggala.

Pukul  : 19.00-23.00 WIB

Acara/Tempat pelaksanaan : Penyajian Tari dari berbagai Universitas Perguruan Tinggi Seni, Komunitas,  serta perwakilan Mahasiswa Jurusan Tari di Pendhapa Jurusan Tari.

Pengisi Acara (dalam konfirmasi) : Universitas Negeri Jakarta, Universitas Negeri Yogyakarta, Sanggar Seni Wulan Menari, Tingang Tatu, Sanggar Warisan Budaya dan Perwakilan Mahasiswa Jurusan Tari.

Hari/Tanggal : Selasa, 22 Oktober 2019

 Pukul  : 08.00-10.00 WIB

Acara/tempat pelaksanaan : Seminar dengan Tema “Tubuh Tradisi di Era Milenial” di Gedung Kuliah Umum Lantai 2 Fakultas Seni Pertunjukan Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

Pengisi Acara (dalam konfirmasi) : Seluruh pengisi acara Sepatu Menari Spektakuler.

Pukul : 10.00-12.00 WIB

Acara/tempat pelaksanaan : Penyajian Tari dari Institut Seni Indonesia dan Institut Seni Budaya Indonesia  Se-Indonesia di Auditorium Jurusan Tari.

Pengisi Acara (dalam konfirmasi : Institut Kesenian Jakarta, Institut Seni Budaya Indonesia Bandung, Institut Seni Budaya Kalimantan Timur, Institut Seni Indonesia Denpasar, Institut Seni Indonesia Surakarta, Sekolah Tinggi Kesenian Wilwatikta dan Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

Pukul  : 13.00- 17.00 WIB

Acara/tempat pelaksanaan : Penyajian Tari Eksperimental dari berbagai Komunitas Se-Indonesia di area Gazebo Fakultas Seni Pertunjukan ISI Yogyakarta.

Pengisi Acara (dalam konfirmasi) : Gentawil Art, Pawon Klir Kediri, Widi Pramono (Clepret), Artha Saputra, Wahyu Kuncara Aji, Rithaudin Abdul Kadir.

Pukul : 19.00-23.00 WIB

Acara/tempat pelaksanaan : Acara puncak Sepatu Menari Spektakuler (penyajian Tari dari Seniman, Komunitas, dan perwakilan Mahasiswa Himpunan Jurusan  Tari & Etnomusikologi, perwakilan Mahasiswa Himpunan Jurusan Musik, perwakilan Mahasiswa Himpunan Jurusan Karawitan di Halaman depan Teater Arena Fakultas Seni Pertunjukan Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

Pengisi Acara (dalam konfirmasi) : Swargaloka, Chakil Squad, Bolot Dance Theatre, Aprilia Spripanglaras, Susantri Ahmad, Dingklik Sinden, Y. Sumandiyo Hadi, Ayu Permata Dance Company, Perwakilan Jurusan Seni Tari dan kolaborasi antara jurusan Musik dan Karawitan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *