Teater

Program Studi S1 Seni Teater

Program Studi S-l Seni Teater adalah bagian dari Fakultas Seni Pertunjukan Institut Seni Indonesia Yogyakarta sebagai perguruan tinggi seni tertua dan berpengaruh di Indonesia yang menyelenggarakan pendidikan, penelitian, penciptaan dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang seni teater dengan akreditasi B, dengan Minat Utama Pengkajian Seni Teater (Dramaturgi) dan Penciptaan Seni Teater (Penyutradaraan, Penulisan Naskah Drama/Skenario, Penataan Artistik, dan Pemeranan)

VISI

Berkarya sekaligus mendistribusikan gagasan-gagasan baru seni pertunjukan Indonesia untuk Dunia.

MISI

  1. Mengembangkan pendidikan di bidang seni teater dengan metode-metode yang mampu meningkatkan perspektif kekinian dalam bidang penciptaan dan pengkajian.
  2. Meningkatkan kualitas riset staf pengajar dan mahasiswa untuk kepentingan penciptaan dan pengkajian.
  3. Mendistribusikan hasil penciptaan dan pengkajian seni teater (pertunjukan) untuk masyarakat luas.

TUJUAN

  1. Mempersiapkan mahasiswa untuk lebih aktif merespon perkembangan seni pertunjukan dan menciptakan peluang baru dengan daya analisis dan kreatifnya.
  2. Menghasilkan lulusan yang peka pada ide-ide baru seni pertunjukan serta mampu mendistribusikan dan mengkomunikasikan gagasannya pada masyarakat.
  3. Menghasilkan lulusan yang berkarakter dan mengisi peluang kerja dalam industri kreatif.

Profil Lulusan

Hingga saat ini lulusan Program Studi Teater berkarir di berbagai tempat yang memiliki keterkaitan dengan dunia seni pertunjukan dan seni audio-visual. Beberapa lulusan tercatat sebagai programer dan sutradara di stasiun televisi, aktor/aktris film, membentuk kelompok teater, serta sebagai pegawai pada lembaga kebudayaan pemerintah maupun swasta.

FUNGSIONARIS

No.

Jabatan

Nama

1.

Ketua Jurusan Teater

Dr. Koes Yuliadi, M. Hum.

2.

Sekretaris Jurusan Teater

Philipus Nugroho Hari Wibowo, S.Sn., M.Sn.