Program Studi Pendidikan Seni Pertunjukan berawal dari nama Program Studi Seni, Drama Tari, dan Musik (Sendratasik) yang dirancang sebagai respon atas tingginya kebutuhan tenaga pendidik seni yang kreatif serta mampu memotivasi peserta didik Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas untuk berkesenian melalui proses belajar mengajar bidang seni berwawasan Seni Budaya.

Materi ajar Program Studi ini merupakan pengembangan secara cerdas dari esensi dan substansi bidang seni drama, tari, dan musik sebagai sumber inspirasi artistik dalam meningkatkan apresiasi dan kreasi karya seni peserta didik.

Profil Ringkas

Pendidikan profesi guru seni budaya merupakan pendidikan akademik yang menekankan pada pembelajaran seni secara terintegrasi agar menjadi guru seni budaya yang profesional. Kurikulum pendidikan seni pertunjukan disusun dengan menitikberatkan kepada proses pembelajaran integrasi dan berorientasi kepada kompetensi terfokus pada pendidikan tiga bidang seni yakni drama, tari, dan musik. Studi pendidikan sendratasik telah mendapat Mandat bulan Juli tahun 2014 dengan Ijin Nomor 30/m/Kp/III/2015 (20 Maret 2015).

Sebagai hasil awal, program studi sendratasik telah memiliki beberapa mahasiswa aktif yang menjadi pengajar di taman kanak-kanak dan di SMA. Hal ini membuktikan bahwa pendidikan sendratasik mendukung penuh mahasiswanya untuk menjadi calon pendidik dan tenaga profesional/seniman di bidang pendidikan seni drama, tari, dan musik, serta mendukung dalam proses pembangunan bangsa dalam bidang kesenian.

 VISI

Pada Tahun 2025 Program Studi Pendidikan Seni Pertunjukan menjadi pusat unggulan Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik yang integratif, kreatif, dan inovatif di Indonesia berdasarkan Pancasila.

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan dalam bidang pendidikan seni drama, tari, dan musik yang unggul, integratif, dan inovatif berdasarkan Pancasila.
  2. Menyelenggarakan penelitian dalam bidang pendidikan seni drama, tari, dan musik yang unggul, integratif, dan inovatif berdasarkan Pancasila.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang pendidikan seni drama, tari, dan musik yang unggul, integratif, dan inovatif berdasarkan Pancasila.
  4. Menyelenggarakan kerjasama regional, nasional, dan internasional dalam bidang pendidikan seni drama, tari, dan musik untuk meningkatkan kualitas program studi.

TUJUAN

Tujuan pembelajaran pada Jurusan/Program Studi S1 Pendidikan Seni Pertunjukan adalah menghasilkan sarjana pendidikan yang kreatif, inovatif, memiliki kompetensi ilmu pengetahuan, keterampilan, dan sikap santun dalam bidang pendidikan seni drama, tari, dan musik dengan indikator pencapaian sebagai berikut:

  1. Terselenggaranya pendidikan dan pengajaran di bidang seni drama, tari, dan musik yang integratif, kreatif, dan inovatif.
  2. Terselenggaranya penelitian yang berkontribusi untuk menyelesaikan permasalahan pendidikan seni budaya di Indonesia.
  3. Terselenggaranya pengabdian kepada masyarakat yang bermanfaat bagi manusia dan lingkungannya.
  4. Terbangunnya kerjasama dengan lembaga-lembaga lain dalan ranah regional, nasional, dan internasional untuk meningkatkan kualitas mahasiswa, program studi, dan lulusan.

Profil Lulusan

  1. Menjadi guru seni budaya jenjang Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas.
  2. Menjadi instruktur atau pengelola sanggar-sanggar seni pertunjukan baik tradisi maupun modern.
  3. Menjadi penyelenggara dan konsultan kegiatan-kegiatan seni pertunjukan dalam berbagai tingkatan (daerah maupun nasional).

FUNGSIONARIS

  • Ketua Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan Dra. Agustina Ratri Probosini, M.Sn.
  • Sekretaris Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan Dilla Octavianingrum, S.Pd., M.Pd.

DOSEN

  1. Dr. Drs. Nur Iswantara, M. Hum.
  2. Dra. Agustina Ratri Probosini, M.Sn.
  3. Drs. Gandung Djatmiko, M. Pd.
  4. Dr. Sarjiwo, M. Pd.
  5. Dra. Antonia Indrawati, M.Si
  6. Dilla Octavianingrum, S.Pd., M.Pd.
  7. Ujang Nendra Pratama, S.kom., M.Pd.
  8. Roy Martin Simamora, S.Pd., M.Ed.
  9. Hana Permata Heldisari, S.Pd., M.Pd.
  10. Nur Arif Anandhita, M.Pd.