Musik

Program Studi S1 Seni Musik

Jurusan Musik adalah bagian dari Fakultas Seni Pertunjukan yang mempelajari bentuk-bentuk seni pertunjukan yang berkaitan dengan penguasaan teknik instrumen, teori-teori, dan reportoar musik.

PROFIL KOMPETENSI

1. Profil Kompetensi Pengkajian Musik

  • Calon peneliti atau pengkaji berbagai genre musik klasik maupun musik etnik secara luas disertai dengan kajian nilai-nilai ilmiah, dan pendekatan interdisipliner yang terkait dengan bidang pendidikan musik, psikologi musik, sosiologi musik, antropologi musik, dan industri pendidikan musik.
  • Calon kritikus, penulis, pengamat musik klasik dan musik dunia termasuk musik populer, dengan kemampuan analisis yang mendalam,
  • Calon konsultan pendidikan musik pada sekolah umum dan sekolah kejuruan musik dari tingkat SD sampai PT maupun masyarakat luas yang membutuhkan supervisi dan advokasi pendidikan musik, baik dalam bidang kurikulum, tenaga pengajar, manajemen pendidikan musik, peralatan, maupun dalam hal terkait lainnva.

2. Profil Kompetensi Penciptaan Musik:

  • Calon pencipta komposisi musik dalam berbagai genre dengan estetika vang tinggi. Pembuat aransemen berbagai gtnrt musik, dengan nilai-nilai musikal vang inovatif. Dapat menggali unsur-unsur musik tradisi sebagai khasanah budava lokal untuk dapat dieksploitasikan ke dalam komposisi baru.
  • Calon penyaji berbagai genn musik klasik dalam resital untuk spesialisasi instrumennya dengan taraf teknik dan interpretasi musikal vang tinggi.

3. Profil Kompetensi Penyajian Musik:

  • Calon resitalis. solis, dan anggota kelompok musik. baik dalam bentuk musik kamar, ensambel, band, big band. maupun orkestra,
  • Calon nara sumber. khususnya untuk bidang interpretasi musikal, baik dalam lokakarya, Master Class. pertemuan ilmiah, maupun festival musik.
  • Calon pemain berbagai sub genre musik klasik, pop dan jaxx untuk spesialisasi instrumentalnya dengan taraf teknik dan interpretasi musikal yang tinggi.

KOMPETENSI PENGKAJIAN MUSIK :

  1. Memiliki keilmuan musik bernuansa global pada tingkat pendidikan tinggi yang meliputi bidang-bidang pengkajian musik klasik dan musik etnik, dan musik pendidikan.
  2. Memiliki dasar-dasar pengetahuan dan kemampuan praktis dalam memainkan instrumen musik.
  3. Memiliki ketrampilan menganalisis dan memecahkan persoalan-persoalan musikologis berbagai genre musik.

KOMPETENSI PENCIPTAAN MUSIK :

  1. Memiliki keilmuan musik bernuansa global pada tingkat pendidikan tinggi dalam bidang komposisi musik.
  2. Memiliki landasan pengetahuan dan kemampuan praktis penulisan karya-karya musik baru
  3. Memiliki ketrampilan dalam menganalisis karya-karya komposisi musik

KOMPETENSI PENYAJIAN MUSIK :

  1. Memiliki keilmuan musik bernuansa global pada tingkat pendidikan tinggi yang meliputi bidang-bidang penvajian musik, baik karya-karya musik klasik maupun bidang musik industri, khususnya musik pop dan jazz.
  2. Memiliki landasan pengetahaun dan kemampuan praktis dalam memainkan instrumen musik.
  3. Memiliki ketrampilan dalam menganalisis dan menginterpretasikan karya-karya musik klasik dan musik pop-jazz.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *